5 Aplikasi Tes Mata Untuk Memeriksa Kebutaan Warna pada diri Anda

Pada artikel ini, saya telah menyusun daftar 5 aplikasi tes mata untuk memeriksa kebutaan warna . Aplikasi ini akan membantu Anda mengetahui apakah Anda memiliki sindrom kekurangan penglihatan warna atau tidak. Sebagian besar aplikasi ini memiliki beberapa jenis tes mata seperti tes Ishihara, tes pengaturan warna, dll untuk memeriksa segala anomali penglihatan warna mata. Beberapa aplikasi Android bahkan dapat memberi tahu Anda jenis kebutaan warna tertentu seperti protanomaly, tritanomaly, dll. Semua aplikasi ini dapat digunakan untuk dengan cepat memeriksa penglihatan mata Anda atas kekurangan warna apa pun di dalamnya dan tidak dapat dianggap sebagai final putusan tentang masalah ini. Karena itu, Anda disarankan untuk melakukan diagnosa mata lengkap jika ada aplikasi yang memberikan laporan negatif.


Tes Buta Warna oleh Oxyapps:


Tes Buta Warna oleh Oxyapps adalah aplikasi uji mata gratis untuk Android untuk memeriksa kebutaan warna. Ini adalah aplikasi pemeriksaan mata yang cukup sederhana yang menggunakan uji Ishihara untuk mendiagnosis kebutaan warna. Anda akan ditunjukkan beberapa pelat warna Ishihara dan Anda harus mengidentifikasi nomor di pelat warna. Namun, aplikasi tidak memberi tahu Anda apakah Anda memiliki penyakit kebutaan warna atau tidak. Anda hanya akan ditunjukkan apakah jawaban Anda benar atau tidak. Jadi, jika sebagian besar jawaban Anda salah maka itu adalah indikator kuat bahwa Anda mungkin memiliki semacam buta warna.


Tes Buta Warna Ishihara:

Tes Buta Warna Ishihara adalah aplikasi tes mata gratis lainnya untuk aplikasi Android untuk memeriksa kekurangan penglihatan warna atau kebutaan. Ada 2 jenis tes untuk mata yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah ada buta warna atau tidak. Aplikasi ini tidak secara khusus memberi tahu Anda jenis kebutaan warna apa yang Anda miliki dan itu hanya menunjukkan apakah penglihatan warna Anda baik-baik saja atau tidak. Namun, aplikasi ini memberi Anda gambaran mendalam tentang jawaban yang salah dan Anda bisa mengetahui angka mana dengan penglihatan normal dan kurang warna yang akan menafsirkannya. Jika mata Anda benar-benar baik-baik saja dan ingin tahu bagaimana seseorang dengan kebutaan warna melihat dunia maka Anda dapat melihat mode kameranya. Dalam mode kameranya, Anda dapat melihat bagaimana seseorang dengan berbagai jenis kekurangan warna seperti Protanomaly, Tritanomaly, dll. Merasakan warna di dunia nyata.


Dua jenis tes termasuk tes penglihatan warna Ishihara dan Farnsworth D15 . Dalam tes Ishihara, Anda harus mengidentifikasi angka pada pelat warna Ishihara dan dalam tes penglihatan warna Farnsworth D15 Anda harus mengurutkan warna mulai dari warna referensi. Tes Ishihara akan memberi tahu Anda apakah Anda memiliki kebutaan warna atau tidak dan tes Farnsworth dapat memberi tahu Anda jenis anomali warna yang tepat. Namun, saya tidak yakin apakah hasil ini benar secara ilmiah atau tidak. Jadi, selalu dianjurkan untuk pergi untuk diagnosis mata penuh jika Anda melihat hasil negatif di aplikasi.


Tes Buta Warna oleh health4mobile:


Color Blindness Test adalah aplikasi tes mata lain untuk Android untuk memeriksa anomali warna. Aplikasi ini dilengkapi dengan 2 jenis tes mata dan permainan pelatihan mata untuk menantang visi warna Anda. Dari tes Ishihara, Anda dapat memeriksa apakah Anda memiliki anomali dalam penglihatan warna mata Anda. Untuk mengetahui jenis kebutaan warna tertentu, ikuti tes pengaturan warna yang setelahnya aplikasi akan menunjukkan jenis kebutaan warna dalam hasil pengujian, seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar di atas. Dalam tes pengaturan warna, Anda harus mengurutkan kotak sesuai rona mereka dengan titik referensi. Dan, dalam tes Ishihara, Anda akan melihat beberapa pelat warna Ishihara dan Anda harus mengidentifikasi angka di piring. Setelah tes selesai, Anda akan melihat hasil yang mengungkapkan status penglihatan warna mata Anda yaitu normal atau buta warna. Dalam permainan kubus warna aplikasi ini, Anda harus melihat kubus dengan rona yang berbeda.


Color Blind Check


Color Blind Check adalah aplikasi uji mata gratis untuk Android untuk memeriksa penglihatan warna. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai jenis tes yang disebut Quick CBC di mana Anda harus melihat kubus pada kotak yang kecerahan dan warnanya berubah dengan cepat. Tes ini mengukur skor PDT (jenis kebutaan warna), tingkat keparahan jenis kekurangan warna, dan, skor keseluruhan tes. Dalam tes ini, ada 4 kisi dengan 4 warna berbeda yaitu biru, kuning, hijau, dan, merah muda. Pada setiap kotak, Anda harus menemukan 12 kubus yang berbeda, pastikan Anda tidak mengetuk jika Anda tidak melihat apa pun karena ini akan mempengaruhi hasil pengujian. Setelah tes selesai, Anda akan melihat apakah Anda memiliki buta warna atau tidak. Seperti yang saya sebutkan, aplikasi menampilkan skor yang menunjukkan apakah Anda memiliki penglihatan normal atau semua jenis kebutaan warna. Jika skornya 0 maka sesuai aplikasi Anda tidak memiliki buta warna. Skor di atas 50 menunjukkan tingkat buta warna sedang hingga tinggi. Untuk memeriksa jenis anomali penglihatan warna tertentu, lihat skor PDT Anda dan uraiannya.


Color Blindness Detector


Color Blindness Detector adalah aplikasi uji mata gratis untuk Android. Dibandingkan dengan aplikasi lain untuk memeriksa kebutaan warna, aplikasi ini sangat sederhana dan hanya dilengkapi dengan tes Ishihara untuk melihat adanya anomali warna. Setelah Anda mengikuti tes Ishihara, aplikasi ini hanya akan menunjukkan apakah Anda memiliki buta warna atau tidak. Jika Anda ingin mengetahui jenis kebutaan warna tertentu, maka periksa aplikasi tes mata lainnya yang disebutkan dalam artikel ini. Ikuti tes Ishihara dan identifikasi angka pada pelat warna Ishihara. Setelah tes selesai, berdasarkan jawaban Anda, aplikasi menunjukkan hasil tes mata yang menyatakan apakah Anda memiliki buta warna atau tidak.


Kesimpulan :

Pada artikel ini, saya memperkenalkan 5 aplikasi Android gratis untuk memeriksa buta warna. Aplikasi tes mata ini untuk Android dapat secara khusus memberi tahu Anda jenis kekurangan warna dengan tes penglihatan warna mata yang berbeda seperti tes Ishihara, tes pengaturan warna, dll. Sayangnya, beberapa aplikasi ini menunjukkan bahwa saya memiliki Deuteranomaly kecil hingga tingkat sedang. Saya berencana untuk memperbaiki janji temu dengan ahli kacamata sesegera mungkin dan saya akan menyarankan Anda sama jika salah satu dari aplikasi ini menunjukkan laporan negatif. Saya berbagi artikel yang mengungkapkan beberapa fakta tentang buta warna .

5 Aplikasi Tes Mata Untuk Memeriksa Kebutaan Warna pada diri Anda